5 Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media

Strategi Pemasaran

Salah satu negara berkembang yang memiliki pengguna situs jejaring sosial terbanyak di dunia adalah Indonesia. Tak dapat dipungkiri bahwa jejaring sosial seperti facebook, youtube, twitter bahkan aplikasi messenger seperti line, BBM, whatsapp dan sebagainya bukanlah suatu hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Maka dari itu tidak heran bahwa jejaring sosial saat ini digunakan sebagai alternative bagi setiap pemilik bisnis untuk memasarkan produk atau memperkenalkan bisnisnya.

Jika Anda berkeinginan untuk melakukan pemasaran dengan memanfaatkan jejaring sosial, tentunya Anda harus membangun strategi terlebih dahulu. Saat ini sosial media dijadikan sebagai tool marketing yang efektif untuk membantu strategi pemasaran pada sebuah bisnis atau perusahaan.

Berikut strategi pemasaran melalui sosial media yang dapat Anda terapkan untuk menambah wawasan Anda dalam menyusun strategi untuk pemasaran bisnis Anda.

1. Membangun Sebuah Fans Club

Apabila bisnis Anda sudah memiliki banyak pelanggan, maka ada satu hal yang perlu untuk Anda ketahui yaitu seberapa besar respon konsumen terhadap produk yang Anda jual atau tawarkan agar bisa mengetahui apakah produk pada bisnis Anda bagus atau tidak, maka dari itu Anda perlu untuk melakukan sebuah survey. Namun dalam hal tersebut terdapat kemungkinan yang tidak kita inginkan seperti beberapa pelanggan tida tertarik bahkan tidak ingin mengisi sebuah survey. Dalam mengatasi hal yang tidak kita inginkan tersebut namun Anda tetap mendapatkan testimonial serta feedback dari para pelanggan terkait dengan produk yang Anda jual maka Anda dapat menciptakan sebuah perkumpulan khusus guna mengumpulkan seluruh konsumen Anda agar mereka bisa mengeluarkan segala keluhan serta apa yang diinginkan terkait mengenai produk yang Anda jual pada satu tempat yang sama.

2. Bereaksi secara efektif

Apabila Anda ingin fokus teehadap pemasaran produk pada internet, maka hal penting yang harus dilakukan yaitu bereaksi secara efektif. Bereaksi secara efektif berarti berusaha untuk memberikan respon dari berbagai macam pertanyaan yang berkaitan tentang produk Anda secara secepat mungkin. Kemudian selain itu jika Anda memiliki akun sosial media baik twitter, facebook dan sebagainya tentang produk Anda, usahakan melakukan update status secara berkala. Buatlah para pengikut akun sosial media untuk bisnis Anda percaya bahwa akun tersebut benar-benar nyata dan aktif.

3. Mendengarkan yang disampaikan konsumen

Berbagai situs jejaring sosial atau sosial media merupakan salah satu tempat untuk Anda dalam mengidentifikasi keinginan konsumen. Contohnya jika bisnis Anda bergerak pada bidang kuliner atau makanan, lalu suatu ketika Anda melihat jejaring sosial dan disana terdapat seorang atau bahkan beberapa konsumen yang membutuhkan makanan seperti yang Anda jual pada bisnis Anda namun konsumen tersebut tidak dapat menjangkau secara langsung, maka dari pengamatan tersebut, hal yang mungkin dapat Anda tambahkan pada bisnis Anda yaitu layanan delivery order dengan bertujuan dapat memberi solusi kepada konsumen yang menginginkan produk seperti yang Anda jual namun sulit untuk menjangkaunya.

Sebetulnya masih banyak manfaat yang dapat Anda ambil dengan melakukan sharing secara langsung terhadap konsumen, selain itu Anda juga bisa membangun sebuah hubungan yang baik terhadap konsumen Anda apabila komunikasi yang terjalin berjalan dengan baik. Dan kedepannya konsumen tersebut bisa saja menjadi konsumen yang loyal terhadap bisnis Anda.

4. Mengkomunikasikan pesan promosi

Mungkin sesekali Anda dapat menulis sesuatu pada jejaring sosial yang berhubungan dengan promosi produk bisnis Anda. Seperti yang sudah direncanakan di awal bahwa penggunaan jejaring sosial ini bertujuan melakukan pemasaran produk. Sehingga dalam hal tersebut Anda tidak perlu untuk menunggu intruksi dari siapapun karena secara otomatis Anda telah melakukan promosi produk dengan sendirinya. Tetapi perlu diingat, pada saat Anda melakukan promosi mengenai produk yang Anda jual, pilihlah waktu yang tepat. Usahakan untuk tidak update status yang berisikan mengenai promosi produk Anda setiap saat, karena hal tersebut dapat membuat followers Anda lama kelamaan akan merasa jenuh kemudian meninggalkan Anda.

5. Menjalin relasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika Anda aktif dalam memanfaatkan jejaring sosial maka nanti Anda pasti bisa berkomunikasi dengan banyak orang baik yang berasal dari mancanegara bahkan internasional. Dalam mengoptimalisasi bisnis Anda supaya dapat berkembang di media sosial maka Anda dapat menambahkan atau memperluas relasi Anda. Maka dengan begitu besar kemungkinan Anda akan bertemu dengan calon investor yang tertarik dengan bisnis Anda.

Itulah beberapa strategi yang dapat Anda terapkan atau menambah wawasan Anda mengenai strategi pemasaran dalam bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

Oleh: Nuraini Anitasari (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya) – Tim KKNP untuk PT. Zahir Internasional

http://zahiraccounting.com/id/blog/5-strategi-pemasaran-melalui-sosial-media/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s