Hikmah dan Manfaat Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan diwajibkan bagi setiap muslim yang sudah baligh, berakal, dalam kondisi sehat, bermukim, serta suci dari haidh dan nifas. Banyak sekali hikmah dan manfaat puasa Ramadhan yang bisa didapatkan. Berikut beberapa hikmah dan manfaat puasa Ramadhan yang difatwakan para ulama.

 Hikmah dan Manfaat Puasa Ramadhan

 1. Menggapai Derajat Takwa

Di antara hikmah puasa adalah agar dapat menggapai derajat takwa. Dan dengan berpuasa bisa menjadi penyebab untuk meraih derajat takwa tersebut.

Dalam Al-Quran Allah Ta’ala berfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. (QS. Al Baqarah: 183).

Hal ini dikarenakan saat berpuasa, seseorang akan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi setiap larangan-Nya. Dan Inilah pengertian dari takwa. Sedangkan bentuk takwa dalam puasa dapat dilihat dalam berbagai hal, diantaranya,

Pertama, orang yang berpuasa akan meninggalkan setiap larangan Allah. ketika berpuasa ia meninggalkan makan, minum, berjima’ dengan istri dan sebagainya. Yang mana, ini semua adalah larangan saat berpuasa dan ini dilakukan dalam rangka meraih pahala dari Allah. Inilah bentuk takwa.

Kedua, orang yang berpuasa sebenarnya mampu untuk melakukan kesenangan-kesenangan duniawi yang ada. Namun dia merasa bahwa Allah selalu mengawasi diri-Nya. Ini juga bentuk takwa.

Ketiga, ketika sedang berpuasa, orang akan lebih semangat melakukan amalan-amalan ketaatan. Dan ketaatan merupakan jalan untuk menggapai takwa.

2. Meraih Hikmah Dari Meninggalkan Syahwat dan Kesenangan Dunia

Disaat melakukan puasa, setiap muslim diperintahkan untuk meninggalkan berbagai macam syahwat, makanan serta minuman. Dalam hadits qudsi, Allah Ta’ala berfirman,

“Dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku”. (HR. Muslim : 1151).

Ketika sedang berpuasa maka akan menahan syahwat, makan dan minum karena Allah. Sedangkan hikmah meninggalkan syahwat dan kesenangan dunia ketika berpuasa antara lain,

Pertama, Dapat mengendalikan jiwa.
Rasa kenyang karena banyak makan dan minum, kepuasan ketika berhubungan dengan istri, itu semua biasanya akan membuat seseorang lupa diri, hingga kufur terhadap nikmat, dan menjadi lalai. Dengan berpuasa, jiwa pun akan lebih terkendali.

Kedua, Hati akan memikirkan hal-hal baik dan sibuk mengingat Allah.
Apabila seseorang tersibukkan dengan berbagai kesenangan duniawi, hati pun akan menjadi lalai dari memikirkan hal-hal yang baik dan lalai dari mengingat Allah. Oleh karena itu, dengan berpuasa hati akan selalu memikirkan hal yang baik dan mengingat Allah. Sehingga hati menjadi lembut dan mudah untuk bertafakkur (merenung) serta berdzikir pada Allah.

Ketiga, Menambah rasa syukur atas nikmat yang diterimanya.
Orang yang berkecukupan akan semakin tahu bahwa dirinya telah diberikan nikmat begitu banyak dibandingkan orang fakir, miskin dan yatim piatu. Dengan berpuasa akan merasakan bagaimana rasanya kelaparan. Sehingga orang-orang kaya pun gemar berbagi dengan mereka yang tidak mampu dalam rangka mensyukuri nikmat yang telah diterimanya.

Keempat, Dengan berpuasa akan mempersempit jalannya darah.
Karena setan berada pada jalan darahnya manusia. Sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya setan mengalir dalam diri manusia pada tempat mengalirnya darah”. (HR. Bukhari : 7171 dan Muslim : 2174).

Jadi, dengan puasa dapat menenangkan setan yang seringkali memberikan rasa was-was. Puasa pun dapat menekan syahwat dan rasa marah. Oleh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadikan puasa sebagai salah satu obat mujarab bagi orang yang memiliki keinginan untuk menikah namun belum kesampaian. (Disarikan dari Latho’if Al Ma’arif, hal. 276-277).

3. Mulai Beranjak Menjadi Lebih Baik

Di bulan Ramadhan setiap muslim harus menjauhi berbagai macam maksiat agar puasanya tidak sia-sia dan hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga saja”. (HR. Ahmad 2/373, Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan sanadnya jayyid).

Puasa menjadi sia-sia disebabkan pada bulan Ramadhan masih melakukan berbagai macam maksiat. Padahal dalam berpuasa seharusnya setiap orang berusaha menjaga lisannya dari mengguncing orang lain (ghibah), perkataan maksiat dan dusta, dan segala perbuatan maksiat lainnya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan”. (HR. Bukhari : 1903).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa”. (HR. Ibnu Khuzaimah 3/242, dishahihkan Al A’zhomi)

Lagwu adalah perkataan sia-sia dan semisalnya yang tidak berfaedah. Sedangkan rofats adalah istilah untuk setiap hal yang diinginkan laki-laki pada wanita atau dapat pula bermakna kata-kata kotor.

Oleh karena itu, ketika keluar bulan Ramadhan seharusnya setiap insan menjadi lebih baik dibanding dengan bulan sebelumnya. Karena dia sudah dilatih untuk meninggalkan berbagai macam maksiat di bulan Ramadhan. Orang yang dulu malas shalat 5 waktu semestinya menjadi rutin mengerjakannya. Dulu jarang atau bahkan tidak pernah shalat Jama’ah bagi kaum pria, sekarang rutin dilakukan di masjid. Dan bagi wanita yang mengenakan busana muslimah (jilbab), hendaknya diluar Ramadhan hal ini tetap dijaga dan dilakukan sebagaimana saat bulan Ramadhan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“(Ketahuilah bahwa) amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang kontinyu (terus menerus) walaupun sedikit”. (HR. Muslim : 782).

Ibadah dan amalan ketaatan bukanlah ibarat bunga yang mekar pada waktu tertentu saja. Jadi, ibadah shalat 5 waktu, shalat jama’ah, shalat malam, gemar bersedekah dan berbusana muslimah, bukanlah jadi ibadah musiman. Namun sudah seharusnya di luar bulan Ramadhan juga tetap dijaga. Para ulama mengatakan, “Sejelek-jelek kaum adalah yang mengenal Allah (rajin ibadah) hanya pada bulan Ramadhan saja”.

Dan ingatlah pesan dari Ka’ab, “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan lantas terbetik dalam hatinya bahwa setelah lepas dari Ramadhan akan berbuat maksiat pada Rabbnya, maka sungguh puasanya itu tertolak (tidak bernilai apa-apa)”. (Lathoif Al Ma’arif, 378).

4. Meningkatkan Rasa Kasih Sayang Terhadap Sesama Terlebih Kepada Orang Miskin dan Merasakan Penderitaan Mereka

Dengan berpuasa seseorang bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang-orang miskin. Orang yang berpuasa akan merasakan lapar dan dahaga sebagaimana yang dirasakan oleh orang-orang yang kekurangan. Akhirnya ia bersikap lemah lembut terhadap sesama dan berbuat baik kepada mereka. Inilah yang menyebabkan derajatnya meningkat di sisi Allah dan mendapatkan balasan yang melimpah.

Inilah beberapa hikmah syar’i di balik puasa Ramadhan yang luar biasa. Oleh karena itu, para salaf sangatlah merindukan bertemu dengan bulan Ramadhan agar memperoleh hikmah-hikmah yang terdapat di dalamnya. Sebagian ulama mengatakan, “Para salaf biasa berdoa kepada Allah selama 6 bulan agar dapat berjumpa dengan bulan Ramadhan. Dan 6 bulan sisanya mereka berdoa agar amalan-amalan mereka diterima”. (Lathoif Al Ma’arif, 369).

Selain hikmah syar’i diatas juga terdapat hikmah lain yang diungkapkan sebagian kalangan diantaranya, puasa dapat menyehatkan badan (seperti dapat mengurangi resiko stroke, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi resiko diabetes).

Namun, hendaknya seseorang berpuasa dengan niat untuk mendapatkan hikmah syar’i terlebih dahulu dan jangan hanya mengharapkan nikmat sehat semata. Karena jika niat puasanya hanya untuk mencapai kenikmatan dan kemaslahatan duniawi, maka pahala melimpah di sisi Allah akan sirna walaupun dia akan mendapatkan nikmat dunia.

Allah Ta’ala berfirman,

“Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat”. (QS. Asy Syuraa : 20).

Ingatlah selalu nasehat Nabi shallallahu ‘laihi wa sallam,

“Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai akhirat, maka Allah akan memberikan kecukupan dalam hatinya, Dia akan menyatukan keinginannya yang tercerai berai, dunia pun akan dia peroleh dan tunduk hina padanya. Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai dunia, maka Allah akan menjadikan dia tidak pernah merasa cukup, akan mencerai beraikan keinginannya, dunia pun tidak dia peroleh kecuali yang telah ditetapkan baginya”. (HR. Tirmidzi : 2465).

Semoga Allah selalu memberi petunjuk kepada kita agar dapat meraih hikmah-hikmah dan manfaat puasa Ramadhan. Serta menjadikan kita manusia yang lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya.
Allahu ‘alam.

https://www.syariahislam.com/hikmah-dan-manfaat-puasa-ramadhan/

 

Manfaat, Hikmah dan Keutamaan Puasa Ramadhan

Manfaat, Hikmah dan Keutamaan Puasa Ramadhan– Kalian pasti sedang berpuasa saat mencari artikel tentang Manfaat, Hikmah dan Keutamaan Puasa Ramadhan. Sungguh tidak sia sia kalian berpuasa dan sangat merugilah manusia Muslim yang sudah baligh yang tidak berpuasa.

Selain merupakan kewajiban bagi yang telah dewasa, puasa di bulan Ramadhan selama sebulan penuh juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kalian tahu tidak, bulan puasa Ramadhan hanya datang sekali setahun sehingga manfaatkan bulan puasa ini untuk membiasakan diri berpuasa sehingga puasa puasa lainnya seperti puasa senin kamis dan puasa sunnah lainnya jadi mudah dilaksanakan setelah melewati bulan Ramadhan ini.

Puasa atau fasting adalah kegiatan tidak mengonsumsi makanan ataupun minuman dalam jangka waktu tertentu. Khusus untuk puasa bagi muslim, waktu puasa dimulai dari imsak (umumnya pukul 4:50 subuh hari) hingga Adzan Magrib berkumandang.

Puasa atau fasting dalam Ilmu kesehatan dihubungkan dengan detoksifikasi atau proses mengeluarkan racun dan zat sisa dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, manfaat puasa di bulan ramadhan sangat besar karena dilakukan selama sebulan penuh.

Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan

Manfaat puasa dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berpuasa atau melakukan fasting, akan mendapatkan manfaat dalam penurunan kadar kolesterol dalam darah.

Penurunan kolesterol dalam darah karena berpuasa ini akan sangat bermanfaat dalam menurunkan risiko anda terkena stroke dan sakit jantung khususnya sakit jantung akibat penyumbatan pembuluh darah. Secara khusus, diet yang paling manjur adalah puasa sehingga memang sangat logis dan memang terbukti bahwa puasa mampu menurunkan kadar kolesterol darah.

 

Manfaat Puasa:

  1. Efek Anti Penuaan (Antiaging)
  2. Membentuk sikap dan perilaku yang baik
  3. Ketahanan tubuh yang lebih baik
  4. Tidur yang lebih Sehat
  5. Mengubah perilaku jelek
  6. Menjaga konsentrasi
  7. Mencerahkan kulit
  8. Meningkatkan Kreativitas
  9. Perubahan diet tubuh
  10. Mendetoksifikasi obat obat
  11. Meningkatkan kinerja indera (penglihatan,mendengar, dan merasa) Meningkatkan inspirasi
  12. Meningkatkan EQ dan SQ
  13. Meningkatkan energi tubuh
  14. Meningkatkan relaksasi tubuh
  15. Purifikasi
  16. Mengurangi alergi
  17. Rejuvenasi
  18. Mengistirahatkan organ pencernaan
  19. Mengurangi berat tubuh
  20. Mencegah obesitas

from Staying Healthy with Nutrition, by Elson Haas, M.D

Manfaat Puasa dalam Meningkatkan Daya Kerja Otak

Puasa atau fasting memang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas dan fungsi otak. Dengan berpuasa, akan terjadi peningkatan produksi BDNF. BDNF adalah sejenis protein yang berfungsi untuk membentuk sel saraf baru dari stem sel yang ada serta menjadi salah satu pemicu dalam menjaga kesehatan anda. Kehadiran BDNF yang tinggi dalam otak anda akan menghindarkan bahkan mengobati Alzheimer dan penyakit parkinson. Dapat disimpulkan bahwa manfaat puasa lengkap 30 hari di bulan Ramadhan akan meningkatkan ingatan anda, mengurangi penyakit lupa anda, menghindarkan anda dari alzheimer dan parkinson. Pantas dalam berpusa kita dianjurkan berusaha untuk menyelesaikan 30 juz Al Qur’an agar kita mampu menghafalnya. Subhanallah.

Manfaat Puasa dalam Meningkatkan daya Tahan Tubuh

Puasa atau fasting sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Dengan berpuasa khususnya puasa Ramadhan dimana kita dianjurkan tidak hanya menjaga mulut dari lapar dan dahaga serta dianjuran untuk menjaga sikap, ucapan, perilaku dan emosi dan memperbanyak perbuatan dan amal baik. Hal ini akan meningkatkan produksi hormon kortisol sehingga menghindarkan kita dari stress, dan juga mencegah dari radikal bebas, dan terbentuk nya formasi sel kanker.

Alaminya, hewan saat mengalami sakit mereka berhenti makan untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka sedangkan manusia seharusnya melakukan hal yang sama. Oleh alasan inilah, di rumah sakit, biasanya orang sakit hanya di infus saja.

Manfaat Puasa dalam mencegah jerawat dan membersihkan kulit

Melalui puasa khususnya melaksanakan puasa Ramadhan selama 30 hari akan sangat bermanfaat dalam membersihkan dan menyehatkan kulit anda dan mencegah timbulnya jerawat pada wajah anda. Jerawat dan penyakit seperti eksema lebih cepat sembuh saat seorang berpuasa. Efek ini juga disebabkan oleh detoksifikasi yang terjadi saat seseorang berpuasa

Manfaat Puasa dalam Menjaga Kesehatan Ginjal dan Hati

Manfaat puasa dalam berpuasa baik dalam melaksanakan detoksifikasi sehingga membantu hati dan ginjal dalam melaksanakan tugasnya.

Manfaat Puasa Ramadhan dalam Meningkatkan Nafsu Makan

Memang terdengar aneh, akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa berpuasa akan meningkatkan nafsu makan anda apalagi bila anda melaksanakannya secara berkala. Dengan melaksanakan puasa Ramadhan artinya anda telah membekali diri agar siap melaksanakan puasa senin kamis secara kontinu. Dengan melaksanakan puasa secara berkala khususnya dalam satu minggu sekali atau dua kali, tubuh kita akan menjadi lebih sensitif terhadap kelaparan sehingga waktu makan anda pun akan lebih teratur dan akan membantu mengurangi kebiasaan anda dalam ngemil jajanan tidak sehat.

Manfat Berpuasa dalam Memperpanjang Umur

Percaya atau tidak, muslim sekalian telah merasakannya. Hal ini telah diteliti oleh beberapa peneliti bahwa pada budaya tertentu memperpanjang waktu hidup manusia, yang dimaksud disini adalah berpuasa. Salah satu kunci utamanya yang diperoleh dalam berpuasa adalah, metabolisme yang lebih lambat dikarenakan sedikitnya makanannya yang masuk ke dalam sistem pencernaan atau tidak setiap saat masuk kedalam sistem pencernaan.

Manfaat Puasa dalam Mengurangi Berat Anda

Diet paling ampuh adalah puasa. Siapapun pasti akan setuju, apalagi puasa di Bulan Ramadhan selama 30 hari dengan tetap menjaga hidup sehat di waktu malam atau diluar waktu puasa. Kan lucu, kalau anda puasa di siang hari dan pas malamnya anda balas dengan makan yang banyak dan tidak sehat serta rendah serat tinggi lemak. Oleh karena itu, saat anda melakukan puasa dan anda berniat mengurangi berat anda, jaga pola makan saat berbuka, saat sudah tarawih, dan saat sahur.

Untuk efek yang lebih maksimal lagi, berolahragalah di sore hari khususnya saat pukul 17:00 sore hari, selama 30 menit lari sore atau jogging akan membantu menjaga sirkulasi darah, mengurangi sakit kepala, dan membakar lemak dengan cepat dan melaksanakan detoksifikasi lebih ampuh lagi. Manfaat Puasa di bulan Ramadhan khususnya untuk mengurangi timbangan anda pastilah lebih terasa di bulan ini dikarenakan kurangnya godaan terhadap makanan dan minuman karena orang orang disekitar anda juga berpuasa.

Source : Skinverse

Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Berhenti Terhadap Kebiasaan Buruk

Manfaat berpuasa khususnya puasa Ramadhan adalah dapat menjadi awal untuk berhenti terhadap kebiasaan buruk atau menguranginya seperti minum minuman keras, minum kopi terlalu banyak (baca manfaat kopi dalam dosis yang sehat), serta merokok. Dengan berpuasa, anda secara langsung telah menghindarkan diri anda dari kopi, rokok dan alkohol (Astagfirullah) selama beberapa jam. Ini merupakan manfaat puasa di Bulan Ramadhan karena anda akan dilatih selama 30 hari.

Halaman selanjutnya tentang hikmah dalam melaksanakan puasa di Bulan Ramadhan

 

Hikmah dan Keutamaan Puasa Ramadhan

  1. Hikmah puasa yang pertama adalah penyerahan diri kepada Allah Swt. Dengan melaksanakan puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan bagi yang telah baligh, oleh karena hal tersebut disebutkan dalam hadits qudsi  Allah subhanahu wa ta’ala berfirman

“SETIAP AMALAN BANI ADAM (MANUSIA) UNTUK DIRINYA SENDIRI KECUALI PUASA, SESUNGGUHNYA PUASA ITU UNTUK-KU DAN AKULAH YANG AKAN MEMBERI BALASAN DENGANNYA, DIA MENINGGALKAN MAKANANNYA DAN MINUMANNYA DAN SYAHWATNYA UNTUK-KU”.

Allah SWT berfirman,

artinya: “dan kita disuruh agar menyerahkan diri kepada Tuhan semesta alam.” (QS. Al-An’am: 71)

  1. Hikmah kedua  puasa ramadhan adalah sebagai pendidikan diri atau jiwa dalam membiasakan diri atas kesabaran dan kesulitan dalam berbuat amal dan meningkatkan tekat dan kemauan yang kuat untuk tetap beristiqamah.

Dengan berpuasa, manusia akan berlatih untuk tidak menjadi budak dari nafsu syahwatnya serta nafsunya akan berada sesuai koridor syar’at Islam. Apabila kita dikuasai oleh hawa nafsu maka kita tidak ada bedanya dengan binatang seperti orang orang kafir.

ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA BERFIRMAN,

YANG ARTINYA: “DAN ORANG-ORANG KAFIR BERSENANG-SENANG (DI DUNIA) DAN MEREKA MAKAN SEPERTI MAKANNYA BINATANG. DAN JAHANNAM ADALAH TEMPAT TINGGAL MEREKA. (QS. MUHAMMAD: 12)

  1. Hikmah puasa ramadhan yang ketiga adalah melatih seseorang agar memiliki karakter penyayang, lembut, santun dan bergerak dengan arahan keimanannya.

Dengan berpuasa manusia dapat membentuk kekuatan ruhiyah pada dirinya agar dapat lebih merasakan perasaan saudaranya yang menderita kelaparan, kesusahan, dan penderitaannya.

Diharapkan dengan berpuasa, manusia akan lebih ikhlas dan tulus mengulurkan bantuan, pertolongan dan menghapus air mata orang-orang yang menderita kemalangan, dan menghilangkan kesedihannya. Itulah hikmah menjalankan puasa Ramadhan selama 30 hari dengan khusyu.

DAN SUNGGUH TELAH DIKATAKAN KEPADA NABI YUSUF ‘ALAIHIS SALAM.

ARTINYA: “KENAPA ENGKAU MENAHAN DIRI TIDAK MAKAN SEDANGKAN ENGKAU ADALAH PENGUASA YANG MEMEGANG PERBENDARAAN BUMI. LALU NABI YUSUF ‘ALAIHIS SALAM BERKATA: “AKU KHAWATIR JIKA AKU KENYANG, MAKA AKU AKAN MELUPAKAN ORANG YANG LAPAR (RAKYAT YANG MENDERITA KESUSAHAN)”.

Dari sumber lain dijelaskan bahwa ada beberapa hikmah yang diperoleh dalam menjalankan puasa Ramadhan secara penuh dan khusyu selain dari manfaat kesehatan yang anda peroleh.

Hikmah menjalankan ibadah puasa Ramadhan tentu saja ada bukan hanya karena menahan lapar melainkan dengan tambahan aktivitas lain seperti bersedekah, Itikaf, Silaturahmi, Menghindari diri dari yang haram, dan banyak lagi. Berikut 10 Hikmah Puasa Ramadhan:

Melatih disiplin waktu– Dengan diaturnya waktu makan, minum dan beristirahat serta anjuran untuk tidak melaksanakan pekerjaan yang aneh aneh akan melatih kita untuk disiplin waktu dan menggunakan waktu kita untuk pekerjaan yang lebih mendekatkan diri kita kepada Allah Swt serta menjaga kelestarian dunia ini. Serta dengan adanya sahur (Dengan asumsi anda tidak begadang yah), anda akan terlatih untuk bangun shalat subuh serta kerja untuk mencari makan.

Keseimbangan dalam hidup – Dengan menjalankan puasa Ramadhan dengan khusyu, keseimbangan perilaku kita sebagai manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan akan terpupuk.

Karakter kita yang seharusnya tetap mengutamakan ridho-Nya dengan tetap rajin dan ikhlas melaksanakan perbuatan baik dan menghindarkan diri dari perbuatan buruk.

Mempererat Silaturahmi — Persaudaran dalam Islam akan semakin terjaga dan akan semakin dipererat dalam bulan Puasa ini, khususnya bagi yang menjalankan puasa ramadhan.

Bagi anda kaum muslimin yang tengah bersitegang dengan sesama muslim diwaktu lampau, dianjurkan untuk memperat kembali tali silaturahmi yang putus apalagi diantara keluarga dan tetangga.

Dalam bulan puasa ramadhan ini, diadakannya ta’jil perbukaan puasa diberbagai tempat adalah untuk meraih hikmah bulan puasa ramadhan ini tentunya. Shalat berjamaah, tarawih berjamaah akan lebih mempererat silaturahmi di jalan yang syariah.

Melatih diri dalam beribadah – Hikmah bulan puasa ramadhan adalah melatih diri untuk memperbanyak ibadah walaupun dalam keadaan lapar, dan haus.
Berhati-hati Dalam Berbuat — Dalam melaksanakan puasa ramadhan yang sempurna, anda tidak hanya menahan lapar dan dahaga akan tetapi anda harus menghindari perbuatan yang haram, zina, zina mata, zina telinga dan zina perkataan.

Dengan menjalankan puasa ramadhan sepenuhnya, maka anda akan terhindarkan dalam hidup anda hingga mati dari dosa pergunjingan, berbohong dan lainnya.

Berlatih Lebih Tabah —Dengan berpuasa di bulan Ramadhan akan menjadi bekal dan titik melatih diri untuk lebih tabah di bulan bulan setelah bulan ramadhan.

Melatih Hidup Sederhana — Dengan berpuasa di Bulan Ramadhan, kita akan melatih diri untuk hidup sederhana, berkecukupan dan tidak berlebih selama bulan puasa. Hal ini akan sangat berarti karena kita melaksanakannya selama 30 hari. Apalagi dengan rajin mengadakan buka puasa bersama dan bersedekah serta perbuatan baik lainnya

Melatih Untuk Bersyukur — Berpuasa di Bulan ramadhan, anda akan berlatih untuk bersyukur dan merasakan apa itu syukur. Terlebih saat anda akan melaksanakan buka puasa. Betul betul merasakan arti kelaparan dan haus dan melakukan buka secukupnya untuk mengobatinya akan membuat anda mengenal apa itu bersyukur atas nikmat yang ada.

Demikianlah artikel tentang manfaat puasa ramadhan dan  hikmah dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, semoga bermanfaat bagi kita umat muslim.

Source : anshartauhid

http://www.manfaatonline.com/manfaat-hikmah-dan-keutamaan-puasa-ramadhan/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s