AL-QUR’AN & OBAT

17:82: Dan Kami turunkan dari AL-QUR’AN suatu yang menjadi PENAWAR/ OBAT & RAHMAT bagi orang-orang yang beriman dan AL-QUR’AN itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang ZHALIM selain kerugian.
9:103: Ambillah ZAKAT dari sebagian harta mereka, dengan ZAKAT itu kamu MEMBERSIHKAN dan MENSUCIKAN MEREKA dan DOA-kanlah mereka karena sesungguhnya DOA-mu dapat memberi KETENANGAN bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

 3:15: Katakanlah: “Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?” Untuk orang-orang yang BERTAKWA [kepada Allah], pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan [mereka dikaruniai] isteri-isteri yang DISUCIKAN/ PERAWAN serta keridhaan Allah: Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya

  1. Dari Aisyah, ra, bahwa Nabi Saw bersabda, “Bacaan AL-QUR’AN di dalam SHALAT lebih baik daripada bacaan AL-QUR’AN di luar SHALAT. Bacaan AL-QUR’AN di luar SHALAT lebih baik daripada membaca TASBIH & TAKBIR. Membaca TASBIH & TAKBIR lebih baik daripada SEDEKAH. SEDEKAH lebih baik daripada PUASA. Dan PUASA adalah perisai dari api neraka”. (HR.Baihaqi)
  2. ”MADU adalah penawar bagi setiap penyakit, dan AL-QUR’AN adalah penawar bagi penyakit yang terdapat di dalam dada (HATI), maka hendaklah kalian menggunakan dua terapi penyembukan penyakit dengan MADU dan AL-QUR’AN.” (Ibnu Majah dan Al-Hakim)
    3. “Wahai Aisyah bahwa rumah yang tiada KURMA di dalamnya adalah kelaparan bagi penghuninya.” Lalu Nabi berkata lagi, “Bahwa rumah yang tiada KURMA di dalamnyaadalah kelaparan bagi penghuninya.” Hingga Nabi mengatakan kalimat yang sama sampai tiga kali.” (HR.Muslim)
    4. “Ada 5 tanda kesucian (kebersihan) seseorang yaitu KHITAN (sunat), memangkas KUMIS, memangkas BULU KETIAK, memotong KUKU, dan memotong BULU KEMALUAN.” (Bukhari & Muslim)
    5. ”AL-TALBINAH adalah penawar untuk HATI yang sakit, ia dapat menghilangkan berbagai macam KESEDIHAN.” (Bukhari dan Muslim)
    6. “Aku membersihkan darah-darah akibat pemukulan itu dengan air ZAM-ZAM, lalu aku meminum air ZAM-ZAM, selama tiga puluh hari di antara siang dan malam hanya mengkonsumsi air ZAM-ZAM tanpa makan, sehingga KEMBUNG hingga lehet perutku mekar dan saya tidak merasakan PERUTKU LEMAH karena LAPAR.” (HR Muslim, Ahmad, Abu Daud)
    7. ”Barang siapa yang banyak BERSEDIH maka fisiknya akan mengalami SAKIT.” (HR Ahmad)
    8. “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal) yang MENYEDIHKAN dan MENYUSAHKAN, LEMAH DAN MALAS, BAKHIL dan PENAKUT, utang (yang menyibukkan pikiran dan mengacaukan hatiku) dan laki-laki yang menindasku.” (HR Buhkari)
    9. ”BERAS GANDUM adalah dapat menenangkan JIWA penderita dan menghilangkan KESEDIHAN.” (HR Bukhari dan Muslim)
    10. ”CENDAWAN sebangsa AL-MANN airnya dapat menyembuhkan MATA.” (HR Bukhari, Muslim dan Turmudzi)
    11. “Barang siapa yang diberikan minuman SUSU oleh Allah; maka hendaklah ia membaca; yaa Allah, berikanlah BERKAH-Mu pada minuman ini dan tambahkanlah KARUNIA-Mu dari jenis minum ini, karena sesungguhnya air SUSU tidak dapat ditandingi dari semua jenis makanan dan minuman.” (HR An-Nasai)
    12. Dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw bersabda, “Setiap ANGGOTA BADAN manusia wajib atasnya SEDEKAH, setiap hari bila terbit matahari engkau damaikan antara dua orang yang berselisih, itu adalah SEDEKAH dan menolong orang berkenaan dengan kendaraannya, engkau mengangkatnya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya, itu adalah SEDEKAH dan setiap langkah untuk shalat adalah SEDEKAH. Dan menyingkirkan sesuatu rintangan dari jalan adalah SEDEKAH.”
    (Bukhari – Muslim)
    13. Allah SWT berfirman (Hadis Qudsi): Seharusnyalah orang yang BERAKALitu membagi (waktunya) menjadi tiga jam: satu jam untuk BERZIKIR dan BERDOA kepada Allah, satu jam untuk mengadakan perhitungan terhadap DIRINYA SENDIRI dan satu jam lagi untuk keperluan MAKAN & MINUMNYA.” (HR. Ibnu Hibban, dari Abu Dzar)
    Orang yang MENGUNJUNGI ORANG SAKIT (akan berada) pada kebun buah-buahan di syurga hingga orang itu kembali. (HR.Muslim)
    14. Allah SWT berfirman (Hadis Qudsi): “Wahai Adam! Habiskanlah waktumu untuk BERIBADAH kepada-Ku; niscaya Aku isi DADAMU dengan PERASAAN KAYA dan Aku tutup lubang-lubang kemiskinanmu. Dan jika engkau tidak berbuat demikian Aku isi TANGANMU dengan kesulitan dan tidak Aku tutup lubang-lubang kemiskinanmu.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah & Hakim dari Abu Hurairah)
    15. “Ada dua perkara yang tidak bakal ditemukan dalam pribadi orang MUNAFIK, yaitu bagusnya TINGKAH LAKU dan pandai dalam masalah AGAMA”.(HR.Tirmidzy)
    16. “Ibn’Abbas r.a. berkata: Bersabda Rasulullah SAW: Dua NIKMAT yang kebanyakan manusia tertipu (rugi) olehnya, yaitu SEHAT & ISTIRAHAT”. (HR.Bukhari)
    17. Penghuni surga MAKAN & MINUM tanpa BERINGUS, buang AIR BESAR, atau buang AIR KECIL. Makanan yang mereka santap akan berubah menjadi PELUH seperti tetes-tetes kesturi. Mereka mengalunkan TASBIH (Subhanallah) dan TAKBIRr (Allahu Akbar) seiring dengan irama NAPAS.” (HR.Muslim)
    18. “Barangsiapa yang berada dalam keadaan AMAN di tengah kaumnya, SEHAT TUBUHNYA, ada yang akan DIMAKAN hari itu maka sepertinya DUNIA telah digiring kepadanya dengan segala isinya.” (Tirmidzi)
    19. ”Barang siapa yang senantiasa meminta ampunan (BERISTIGHFAR) maka Allah akan melapangkan dirinya dari KESUSAHAN, dan memberikanjalan keluar dari KESEMPITAN, serta KARUNIA (REZEKI) yang tiada disangka-sangka.”(HR Muslim)
    20. Abu Malik Al-Sj’ary r.a, berkata: Rasulullah SAW bersabda: Kebersihan itu separoh dari IMAN, dan alhamdulillah itu dapat memenuhi timbangan AMAL, dan subhanallahi walhamdulillahi memenuhi antara LANGIT & BUMI. (HR.Muslim)
    21. Abu hurairah r.a, berkata: Rasulullah SAW bersabda: Kalau aku membaca: subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, maka bacaan itu lebih aku gemari dari pada mendapatkan KEKAYAAN sebanyak apa yang ada DI BAWAH SINAR MATAHARI. (HR.Muslim)

MANUSIA adalah ciptaan ALLAH yang paling kokoh, yang terkumpul pada dirinya semua apa yang terpisah-pisah dari yang lainnya.
Jika lLANGIT mempunyai ketinggian, maka MANUSIA-pun mempunyai TUBUH yang tegak. Jika diangkasa ada MATAHARI & BULAN, maka pada diri manusiapun ada 2 BIJI MATA. Jika diangkasa ada BINTANG-BINTANG, maka pada diri manusia itu ada GIGI-GIGI. Jika LANGIT mempunyai “qothroh” (TETESAN AIR), maka pada mata manusia ada “abroh” (AIR MATA). Jika dilangit ada suara PETIR, maka pada diri manusia ada suara BERSIN (wahing). Jika di BUMI ada KESTABILAN, maka pada diri manusia juga ada KETENANGAN & KEHEBATAN. Jika di BUMI ada SUNGAI-SUNGAI, maka pada diri manusia ada URAT-URAT, sedangkan RAMBUT sebagai ganti dari RUMPUT.
(RENUNGAN): Jika di LANGIT ada ARSY, maka kemauan seorang MUKMIN lebih besar dari padanya. Dan jika di LANGITt ada SYURGA, maka seorang MUKMIN punya HATI yang lebih baik daripadanya, karena SYURGA itu tempat SYAHWAT, sedangkan HATI itu tempat MA’RIFAT, penjaga SYURGA adalah RIDLWAAN, sedangkan penjaga HATI seorang MUKMIN adalah ARROHMAAN.

Telah diriwayatkan bahwa salah seorang Nabi bermunajat kepada Tuhannya, ia berkata: ILAAHI, setiap raja itu mempunyai PERBENDAHARAAN, maka apakah PERBENDAHARAAN-Mu?
Allah berfirman: Aku mempunyai PERBENDAHARAAN yang lebih besar dari ARSY, lebih luas dari KURSI, lebih baik dari SYURGA, dan lebih Indah dari KERAJAAN yang amat besar.
HATI seorang MUKMIN, buminya MA’RIFAT, langitnya IMAN, mataharinya RINDU, bulannya CINTA, bintangnya BUAH PIKIRAN, tanahnya KEMAUAN, dindingnya KEYAKINAN, awannya AKAL, hujannya ROHMAT, pohonnya TAAT, BUAHNYA HIKMAT. Dan ia mempunyai 4 Tiang, ada tiang berupa TAWAKKAL, ada tiang berupa SABAR, ada tiang berupa YAKIN, dan ada tiang berupa KEMULIAAN.
Dan ia juga mempunyai 4 Pintu, pintu ILMU, pintu SANTUN, pintu RIDLO dan pintu SABAR. Dan atas semuanya ada pikiran. Itulah HATI.

kholidefendi.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s