PENGOPRASIAN JARINGAN INTERNET DENGAN HOTSPOT

Abstrak
Pengoperasian jaringan internet dengan Hotspot atau jaringan nirkabel/wireless.Diperlukan system layanan koneksi Internet dengan menggunakan metode jaringan internet tanpa kabel atau hotspot untuk mempermudah koneksi internet . Sudah banyak cafe , sekolah,kampus yang menyediakan layanan koneksi internet yang mempunyai tujuan selain untuk mempermudah mencari informasi di internet tetapi juga dapat menarik minat orang masuk ke dalam cafe, sekolah ,atau kampus tersebut.Melakukan konfigurasi dengan seting standar yang sering digunakan untuk infrastruktur sebuah jaringan Hotspot atau jaringan nirkabel/wireless.Pada jaringan hotspot berbayar diperlukan pengkodean dan yang harus memperhatikan kecepatan akses.Konfigurasi jaringan hotspot yang gratis adalah konfigurasi yang paling sederhana dari semua jenis hotspot yang ada.Sebuah wilayah koneksi intenet yang di layani oleh jaringan-jaringan hotspot bersifat fleksibel.Dapat melakukan koneksi dimana saja asalkan masih dalam jangkauan jaringan Hotspot.Untuk mengatasi permasalahan dalam jaringan Hotspot di perlukan layanan dan perawatan yang baik dan cermat terhadap jaringan sehingga apabila terjadi trouble dapat di antisipasi dengan secepatnya.

Kata Kunci: PENGOPERASIAN JARINGAN INTERNET DENGAN HOTSPOTPendahuluan
Pengoperasian jaringan internet dengan Hotspot atau tempat yang menyediakan layanan akses internet dengan menggunakan wireless memang sudah sangat banyak.Mulai dari Sekolah, Kampus ,Restaurant , Café dan Hotel pada umumnya menyadiakan layanan akses internet tanpa kabel.Disebabkan bertumbuhnya perangkat yang lebih di lengkapi dengan teknologi wireless,sehingga lebih modern.Konsep yang mendasar dalam menerapkan hotspot ini adalah Hotspot yang nantinya akan di gunakan secara gratisan atau harus membeli voucher tertentu.Layanan jaringan internet dengan menggunakan hotspot sangatlah menguntugkan walaupun tetap harus di pahami bagaimana kelemahan serta kerugian yang harus bisa dengan segera diatasi.Dengan memanfaatkan teknologi yang ada jaringan, Hotspot adalah salah satu jaringan yang cukup mudah di terapkan dan termasuk jaringan yang cukup sederhana dalam pemasangannya.

2.1 Wilayah Layanan Akses Internet HotSpot Secara Umum
Tempat yang menyediakan layanan akses internet dengan meggunakan wireless memang sudah sangat banyak.Banyak tempat seperti Hotel ,Sekolah ,Restaurant ,Café yang meyediakan layanan akses internet dengan Hotspot.Terdapat dua konsep mendasar dalam penerapan layanan hotspot ini apakah hotspot ini akan digunakan secara gratis atau harus membeli voucher tertentu .kita hgarus menentukan hal ini terlebih dahulu karena akan menyangkut perencanaan infrastruktur hotspot itu sendiri.
2.2 Keuntungan dari Hotspot
Menggunakan koneksi internet dengan Hotspot walaupun pada awal pembangunannya diperlukan biaya yang sedikit mahal.Namun,pada akhirnya tidak mahal.Beberapa keuntungan menggunakanHotspot:
1. Tingkat perawatan yang lebih mudah

2. Tingkat Mobilitas karena dapat mengakses internet dari mana saja selama masih dalam jangkauan di lingkungan wilayah hotspot.

3. Fleksibel karena tanpa harus memasang jaringan internet ke suatu tempat tertentu.

4. Keamanan pada Hotspot Yang apabila membangun hotspot untuk tujuan bisnis atau berbayar harus malakukan enkripsi terhadapap jaringan Hotspot karewna jaringa wireless tanpa enkripsi sangatlah tidak aman karena dapat di akses oleh semua orang tanpa harus login terlebih dahulu.Oleh karena itu ,aktifkan fungsi enkripsi .Perlu diperhatikan bahwa dengan aktifnya enkripsi maka proses zero configuration akan sulit di lakukan .User harus memasukan enkripsi yang seuai sebelum bisa login ke dalam hotspot.Selaku pemilik Hotspot harus bisa menyediakan informasi yang jelas agar user bisa login dengan mudah.
2.3 Hotspot Tanpa Billing
Bagian ini akan membahas menegenai cara pembuatan hotspot gratis (tanpa system billing).Sistem hotspot gratisan secara umum berbeda jauh dengan system WiFi di rumah yang saat ini mulai banyak di gunakan .Hanya perlu beberapa alat untuk membuat jaringan seperti ini.
Modem alat pertama dan yang utama harus anda miliki .Modem ini di sesuaikan dengan jenis koneksi internet yang anda gunakan (ADSL,Cabel dll).Kemudian Router yang akan berfungsi sebagai gateway.Router ini yang mengatur semua koneksi client ke internet.Sebaiknya membeli Router yang sudah di lengkapi dengan fungsi access point terintegrasi .Jika membeli router yang tidak memilki fingsi access point,maka di sarankan untuk membeli Access Point terpisah.
Infrastruktur tanpa billing atau voucher sangat mirip dengan jaringan Wi-Fi yang bisa ditemukan di rumah dan di kantor kecil .
2.4 Hotspot Dengan Billing
Tingkat kerumitan Hotspot dengan billing lebih tinggi daripada hotspot tanpa billing.Sistem yang digunakan secara umum adalah menggunakan voucher generator yang secara otomatis akan dibuat oleh system,hamper vendor wireless besar sudahj memiliki system ini.Sistem iini biasanya bekerja secara independen yang memilki fungsi router/gateway dan juga access point.Sistem billing dan voucher generatornya telah terintegrasi , yang juga memiliki keypad dan printer.Sistem ini hanya perlu di konfigurasi saat awal via PC ,selanjutnya semua operasi system bisa bekerja secara independen.PC hanya di butuhkan untuk melakukan perubahan konfigurasi saja.

2.5Konfigurasi Akses Internet
Infrastruktur yang harus dibuat cukup sederhana ,yang pada dasarnya dibutuhkan Modem untuk koneksi ke internet.Dari modem koneksi akan dimasukan router atau gateway .Selanjutnya dari router koneksi akan dibagi ke client via koneksi kabel maupun wireless(via access point).Hampir semua alat sejenis bisa di konfigurasi via jaringan dari PC client.Dengan syarat utamamya adalah IP dari client harus satu segmen dengan IP dari perangkat yang akan di konfigurasi.Proses konfigurasi awal yang biasanya harus dilakukan adalah koneksi ke internet via modem.Salah satu port pada router biasanya harus dihubungkan ke modem .Selanjutnya ,proses konfigurasi biasanya dilakukan via internet web based yang di sediakan router.
Setelah jaringan sukses terkoneksi maka anda harus mengaktifkan DHCP Server yang berguna untuk memberikan IP secara otomatis kepada setiap user.Namun,batasi jumlah klien yang akan di berikan IP oleh DHCP .Dan jika lebih selektif ,maka DHCP boleh di nonaktivkan.Setiap user yang akan mengakses hotspot harus meminta informasi alamt IP dari pemilik hotspot.
Untuk yang menerapkan login/ voucher ,maka DHCP server boleh di aktifkan Karena user tidak akan bisa mengakses internet tanpa username dan password yang benar dari voucher,walaupun telah mendapatkan IP dari DHCP server.
Tidak semua klien mempunyai kepandaian yang sama,maka pemilik harus bisa menyediakan informasi yang jelas agar klien bisa login dengan mudah.Beberapa konfigurasi pengaturan seperti alamat IP ,metode enkripsi,sampai pemilihan access point,harus diinformasikan dengan jelas kepada calon pengguna.
2.5.1 Walled Garden
Alamat Web yang bisa di akses secara gratis tanpa perlu menggunakan login yang biasanya tersedia pada voucher.Tujuannya adalah agar calon pengguna bisa mencoba kecepatan akses hotspot anda terlebih dahulu.
2.5.2 Landing Page
Halaman sebuah hotspot .Hotspot yang bagus seharusnya di konfigurasi agar menampilkan halaman ini secara otomatis jika terjadi kesalahan login atau login tidak di kenal.Halaman awal yang muncul sebelum menggunakan hotspot.
2.5.3 Voucher
Kartu yang berisi data login dan informasi konfigurasi jaringan untuk mengakses internet dalam jangka waktu tertentu.
2.6 Perangkat pendukung Hotspot
Perangkat yang digunakan pada Hotspot sangatlah beragam ,terutama perangkat untuk client yang sering kita lihat ada orang membawa laptop atau PDAnya saat menggunakan Hotspot.Beberapa laptop yang baru biasanya siap digunakan untuk operasi Wi-Fi tanpa perlu tambahan alat yang lain.

Wi-FI dalam bentuk PCI

Wifi dalam bentuk USB

Wi-Fi dalam bentuk SWITCH
Gambar 03. Beberapa contoh peralatan pendukung hotspot
Peralatan pendukung berupa card wireless LAN/Wi-fi yang di pasang pada laptop Anda dapat berupa Compact Flash ,PCMCIA,Embedded Card dan USB WLAN.Bagi anda menggunakan PC dapat menggunakan Card PCI atau USB WLAN Card.
2.7 Instalasi Pembangunan Hotspot
1. Mempersiapkan alat dan bahan yang di butuhkan .

2. Menentukan titik penempatan access point di tempat yang strategis agar dapat di akses dari segala penjuru ruangan.

3. Melakukan sambungan kabel dari ruangan dimana modem ADSLnya ada di rungan tersebut untuk di hubungkan ke accesspoint yang berada pada ruangan lain, disini kita bisa menggunakan straight untuk menghubungkan router ke accesspoint.

4. Mengghubungkan koneksi kabel ke access point yang telah di sambungkan dari router ADSL sebelumnya.

5. Melakukan uji coba dengan menggunakan laptop atau notebook.

2.8 Uji Coba
Karena dalam pembuatan hotspot gratisan maka tidak akan banyak kesulitan set up modem dan accesspoint sesuai default dari vendor dan penulis tidak mengaktifkan DHCPnya serta tidak melakukan enkripsi pada jaringan hotspot maka koneksi langsung berhasil.Dalam uji coba perlu melakukan tes jangkauan koneksi hotspot.

2.3 Permasalahan pada Hotspot
Jaringan Wifi lebih banyak memiliki kelemahan daripada jaringan kabel.Saat ini perkembangan teknologi jaringan Wifi sejalan dengan system informasi yang mobile.Banyak penyedia jasa wireless seperti Hotspot komersil ,ISP ,Warnet ,kampus-kampus maupun prkantoran sudah mulai memanfaatkan Wifi pada jaringan masing-masing,tetapi sedikit yang memperhatikan keamanan komunikasi data pada jaringan wireless tersebut.Dan membuat para Hacker menjadi tertarik untuk mengeksplorasi kemampuan untuk melakukan berbagai aktivitas yang biasanya illegal menggunakan Wifi. Bagi sebagian orang menggunakan WIFI atau hotspot sangat menguntungkan sekali tetapi juga bisa sangat merugikan karena koneksi bisa menjadi lelet atau lambat, hal ini di sebabkan karena banyaknya pemakai yang mendownload ataupun browsing dengan ganas dan juga disertai aplikasi lainnya. Permasalahan yang sering timbul pada Wifi khususnya pada hotspot secara umum adalah:
1. Pusat dari jaringan Wi-Fi adalah acces point atau router.Untuk melakukan set up dari access point ini ,maka vendor dari access point device akan memberikan interface yang berbasis web,untuk masuk dalam interface ini maka anda harus mengisikan username dan password.Sementara itu username dan password tertentu yang mudah di tebak oleh pengguna .Untuk itu anda harus mengganti password default dari acces point anda.Bahkan bila perlu ubah username yang ada.

2. Semua peralatan Wi-Fi pasti mendukung beberapa bentuk dari keamanan data.Peralata Wi-Fi saat ini sudah menyediaka pilihan teknologi security yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhan.Pastikan semua peralatan dalam jaringan nirkabel juga menggunakan setting security yang sama seperti yang digunakan acess point.

3. Access point menggunakan nama jaringan yang disebut dengan SSID.Seseorang mengetahui SSID belum tentu dia belum tentu bisa membobol jaringan tersebut ,apabila melihat SSID yang masih default ,maka itu indikasi bahwa access point tersebut tidak di konfigurasi dengan baik dan ada kemungkinan untuk di bobol .Ganti SSID default setlah menset up acess point.

4. Peralatan Wi-Fi memilki suatu indikasi yang unik yang dinamakan “physical address” atau MAC address.Access point atau router akan mencatat MAC address yang terhubung kepadanya.Bisa di setting bahawa hanya piranti dengan MAC address tertentu saja yang boleh mengakses jaringan nirkabel .Misalnya PDA anda memiliki MAC address tertentu kemudian anda masukan MAC access PDA anda ke dalam filter MAC address pada access point anda.Jadi yang terhubung jaringan sementara ini hanyalah dari PDA anda.

5. Pada jaringan Wi-Fi ,access point atau router biasanjya akan membroadcast SSID secara regular.Sengaja di desain untuk hotspot area yang mana klien WiFi pada area tersebut bisa saja datang dan pergi dengan cepat. Sebaiknya nonaktifkan fasilitas broadcast SSID demi keamanan jaringan.

6. Saat ini cenderung orang memanfaatkan DHCP untuk memberikan alamat IP secara otomatis kepada klien yang ingin terhubung ke jaringan nirkabel.Namun dengan cara ini pula bagi para hacker untuk mendapatkan alamat IP yang valid.Oleh karena itu ,perlu mematika fitur DHCP pada acces point dan set rentang alamat IP yang sudah FIX dan set pula piranti Wi-Fi yang ingin terkoneksi ke access point dengan rentang alamat-alamat IP yang fix tadi.

7. Sinyalnya terputus-putus (interminttence)yang di sebabkan oleh adanya beda antara pengirim dan penerima sehingga sinyal terhalang dan tidak sampai pada penerima ,pastikan alamt IP sesuai pada router.

Kesimpulan
Dari keseluruhan bahasan maka dapat di simpulkan:

1. Diperlukan system layanan koneksi Internet dengan menggunakan metode jaringan internet tanpa kabel atau hotspot untuk mempermudah koneksi internet pada café , sekolah,kampus untuk koneksi yang mempermudah mencari informasi di internet.

2. Melakukan konfigurasi dengan seting standar yang sering digunakan untuk infrastruktur sebuah jaringan Hotspot ata jaringan nirkabel/wireless.

3. Pada jaringan hotspot berbayar diperlukan pengkodean dan yang harus memperhatikan kecepatan akses.

4. Konfigurasi jaringan hotspot yang gratisadalah konfigurasi yang paling sederhanadari semua jenis hotspot yang ada.

5. Sebuah wilayah koneksi intenet yang di layani oleh jaringan jaringan hotspot bersifat fleksibel.

6. Dapat melakukan koneksi dimana saja asalkan masih dalam jangkauan jaringan Hotspot.

7. Untuk mengatasi permasalahan dalam jaringan Hotspot di perlukan layanan dan oerawatan yang baik dan cermaty terhadap jaringan sehingga apabila terjadi trouble dapat di antisipasi secepatnya.

Daftar Pustaka
Billing Hotspot, http://www.billinghotspot.com/, Selasa 1 November 2011.
Membangun Jaringan Hotspot, http://id.istanto.net/2009/11/05/membangun-jaringan-hotspot/, Rabu 2 November 2011.
Permasalahan Pada Hotspot, http://kge1992.wordpress.com/gangguan-pada-hotspot-dan-troubleshootingnya/, Sabtu 5 November 2011.
Perangkat Pendukung Hotspot, http://www.bursaantena.com/index.php?option=com_content&task=view&id=21&Itemid=39, Sabtu 12 November 2011.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s