Faith & Morals

Mata pelajara aqidah akhlak adalah sub mata pelajaran yang membahas ajaran agama islam dalam segi aqidah dan akhlak. Mata pelajaran aqidah akhlak juga merupakan bagian dari mata pelajaran PAI yang memberikan bimbingan kepada peserta didik agar memahami, menghayati, meyakini ajaran islam serta bersedia mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun ruang lingkup bidang studi aqidah akhlak sebagai berikut:

  1. Hubungan manusia dengan khalik

Hungan manusia dengan khaliknya mencakup dari segi aqidah yang meliputi imam kepada Allah, imam kepada malaikat-malaikatnya, imam kepada kitab-kitabnya, imam kepada rasul-rasulnya dan imam kepada qadah dan qadarnya.

  1. Hubungan manusia dengan hamba

Materi yang dipelajari meliputi akhlak dalam pergaulan hidup sesama manusia, kewajiban membiasakan diri sendiri dan orang lain, serta menjauhi akhlak yang buruk.

  1. Hubunan manusia dengan lingkungannya

Materi yang di pelajari meliputi akhlak manusia terhadap lingkunganya, baik lingkungan dalam arti yang luas, maupun akhlak hidup selain manusia, yaitu binatang, dan tumbuh-tumbuhan.

Mata pembelajaran aqidah akhlak di madrasah tsanawiyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:

  1. Menumbuh kembangkan aqidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan, penghayaatan, pengalaman, pembiasaan, serta pengalaman didik tentang aqidah islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaan kepada Allal SWT.
  2. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia menghinddar akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun sosial sebagai manivestasi dari ajaran dan nilai-nilai aqidah islam.